Jurusan Ilmu Komunikasi


Jejrenggg...... Sekilas mengenai jurusan saya yaitu Ilmu Komunikasi!
Saat ini aku telah menjadi anggota di keluarga besar IKOM UMM atau yang terkenal dengan sebutan Kampus Putih Muhammadiyah Malang. Pada tahun 2013 Prodi Ilmu Komunikasi berhasil mempertahankan akreditasi A berdasar Surat dari Badan Akreditasi Nasional  Perguruan Tinggi (BAN-PT) 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013. Sehingga pencapaian ini turut melengkapi capaian akreditasi institusi yang juga bernilai A. Selain itu, Prodi ini juga mendapatkan predikat Prodi terbaik tingkat universitas.

     
     Prodi Ilmu Komunikasi UMM menjadi salah satu Prodi di lingkungan UMM yang diandalkan. Hal ini terlihat dari antusias maba (mahasiswa baru) yang terus meningkat setiap tahun. Tidak itu saja, materi kurikulum yang terus disesuaikan dengan perkembangan zaman, tetapi juga mempunyai ciri khas yang tidak dipunyai Prodi Ilmu Komunikasi di Indonesia. Dalam aktualisasinya Prodi ini mengusung gerakan Literasi Media (Media Literacy). Setiap proses belajar mengajar dan kegiatan akademis berada dalam payung Literasi Media itu.

    
        keunggulan yang turut menjadi bahan pertimbangan memilih prodi ilmu komunikasi ini ialah prospek kerja ke depannya. Mau tau apa aja yang akan kamu pelajari di IKOM nanti??? Oke oke.. simak nih ulasan berikut ini.
Umumnya di dalam jurusan Ilmu Komunikasi atau sebutan kerennya (IKOM) ada 4 jurusan yang paling dasar:
1.    Public Relation
Di sini kalian akan mempelajari tentag hubungan suatu perusahaan dengan masyarakat. Bagaimana cara kalian berusaha menciptakan good image perusahaan/ selebritis atau bahkan presiden. Contoh nih, seperti kejadian Bill Clinton yang selingkuh, Public Relationnya pinter and cerdas banget menyusun kata-kata sehingga banyak orang memaklumi and justru mendukung Bill Clinton. Nah, pada masyarakat luas, kalian juga punya tanggung jawab buat menyelesaikan masalah yang sudah merusak nama baik perusahaan/ orang tersebut. Jadi, pada dasarnya Public Relation mesti cakap dalam melakukan strateginya.
Mengenai prospek kerja, kalian nanti bisa jadi public relation, event organiser, management artis, public speaker, dll.
2.    Advertising
Namanya aja advertising, jadi di sini kalian akan belajar semua yang menyangkut periklanan mulai dari iklan, media iklan, sampai pekerjaan di periklanan. Bagi temen-temen yang merasa nggak terlalu bisa gambar, santai ajalah.. karena jurusan ini lebih mengutamakan kreativitas dari masing-masing orang. Toh, dalam perkembangannya kini orang cenderung bersifat praktis alias menggunakan kecanggihan teknologi komputer atau laptop. So.. gak pakai manual lagi sob! Hehe..
Prospek kerjanya: semua yang ada di advertising agency (bagian media, bagian creative, dll)
3.    Marketing
Nah..jurusan ini cocok buat kalian yang cenderung aktif, dalam arti gak bisa diem. Hehe.. karena di jurusan marketing kita belajar tentang pemasaran yang lebih ke komunikasinya dengan publik.
Prospek kerjanya :Marketing, Public Speaker, Sales, dll.
4.    Mass Communication Di sini kalian akan belajar tentang broadcasting, mulai dari bikin script buat radio atau berita, terus cara bikin film, cara editing, cara jadi presenter, sutradara, kameramen, dll. Pokoknya semua yang berbau broadcast deh..
Prospek kerjanya banyakk.. hampir semua bidang komunikasi bisa jadi pekerjaan yang lulus dari jurusan Mass Communication, soalnya di Mass Communication pelajarin public relation, advertising and marketing juga..
Nah... Di tingkat mahasiswa UMM, Prodi ini memiliki kelompok peminat kajian. Misalnya ada PR Club dan Eskalator (peminat kajian Public Relations), Journalistic Club (peminat kajian jurnalistik), AV Club (peminat kajian Audio Visual), Kociris (peminat kajian Riset Komunikasi), disamping ada Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) dan Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc). 

Gimana??? Tertarik dengan jurusan IKOM!?? Mari bergabung ;)
Selamat bergabung dengan Prodi Ilmu Komunikasi UMM. ^_^


Referensi lebih lanjut klik aja di sini



Previous
Next Post »
0 Komentar