Cara menulis resensi


KIAT-KIAT MENULIS RESENSI BUKU/ NOVEL
Biasanya kalian akan menerima materi ini di kelas 2 SMA dan tidak jarang resensi digunakan sebagai ujian praktik sekolah. Resensi berasal dari kata ‘resentie’ (dari bahasa Belanda) yang artinya kupasan/ pembahasan. Jadi, resensi adalah kupasan atau pembahasan tentang buku, film, atau drama yang biasanya disiarkan melalui media massa, seperti surat kabar atau majalah dan banyak juga di share di internet.
Resentator merupakan sebutan untuk para peresensi buku. Sebelum meresensi, resentator diharapkan sudah menguasai cerita sehingga tidak kesulitan dalam pengerjaannya. Berikut ada beberapa langkah-langkah meresensi buku yaitu sebagai berikut:
1.      Ada buku (novel) beserta keterangan yang meliputi nama pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal buku.
2.      Paragraf pertama berisi perbandingan dengan karya sebelumnya, biografi singkat pengarang, atau hal yang berhubungan dengan isi atau tema.
3.      Ada ulasan singkat terhadap buku tersebut.
4.      Usahakan buku yang Anda resensi bermanfaat (untuk siapa manfaat itu ditujukan).
Oke, langkah pertama udah sekarang kita lanjut kelangkah berikutnya!
1.      Membaca & tentunya memahami isi buku.
2.      Menyajikan fisik buku. Misalnya, judul, nama pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal buku, jumlah halaman dan kalian juga bias menambahkan harga buku.
3.      Memaparkan isi buku secara keseluruhan bab per bab (secara umum, ringkas, dan jelas)
4.      Mengkritik fisik buku, desain cover, redaksi, huruf kapital, kata depan, pemilihan huruf, ukuran huruf, lay out (Kalian tidak harus membahasnya secara detail melainkan pilihlah beberapa yang menjadi karakteristik novel tsb. Misalnya, novel yang Anda baca kurang menarik dari segi desain berarti cukup paparkan kritikan Anda disertai alasan yang bersifat membangun).
5.      Menuliskan kelebihan dan kekurangan novel tersebut, baik dilihat dari segi intrinsik maupun ekstrinsik.
6.      Mengajak pembaca untuk membaca buku/ novel tersebut dengan syarat diikuti dengan manfaat yang akan didapatkannya. Tujuannya untuk menarik minat pembaca.
Selamat Mencoba!!! :)


Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Trims..
sgt membntu..

Balas
avatar

Baru liat komentarnya :') Terima kasih sudah berkunjung ke blog anisaningrum.

Balas