Apa itu P2KK?

Apa itu P2KK?
Hayo.. ada yang masih nggak tau apa P2KK?
Ya.. soal tau-menau nggak jadi masalah saat ini, apalagi bagi temen-temen yang baru menjadi anggota di keluarga besar UMM. Jadi jangan sungkan buat bertanya di Abah Google!
Aku juga termasuk MaBa (Mahasiswa Baru) tahun ini (2014) di Universitas Muhammadiyah Malang. Awalnya aku juga nggak tau tentang P2KK. Kukira P2KK sejenis Mata Pelajaran (hehehe).. tak jarang aku juga mendengar istilah P2KK di sosial media (Facebook) maupun dengar sekilas ketika berada di luar rumah. Saking penasarannya akupun memutuskan bertanya pada Abah Google, pasti dia tau pikirku. Yup..! Benar saja, setelah membaca tuntas mengenai seluk beluk P2KK, pengertiannya, dan penjelasan lainnya, setidaknya aku sedikit tau tentang P2KK. P2KK merupakan singkatan dari Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan. Jadi P2KK merupakan sebuah kegiatan yang rutin diadakan tiap tahun guna membentuk karakter yang berkualitas pada mahasiswa UMM. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa UMM sebagai pengganti mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan I (AIK I).
Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari (Senin-Sabtu) di Rusunawa UMM. Nah, serunya tuh di sini! Kita menginap di rusunawa dengan persyaratan tidak boleh membawa HP, rokok, peralatan elektronik, serta membawa/ memakai perhiasan yang berlebihan. So.. yang perlu kalian bawa hanyalah pakaian yang sudah di tentukan sebelum pelaksanaan P2KK. Kalo aku, hari Senin & Selasa wajib menggunakan pakaian atas putih, bawah gelap (putra berdasi, putri berjilbab putih), memakai jas almamater. Hari Rabu & Kamis, atas batik bawah gelap (putri berjilbab hitam), memakai jas almamater. Hari kamis pagi menggunakan pakaian olahraga (boleh kaos) dan trening. Hari Jum’at atas bebas formal, bawah gelap, memakai jas almamater. Hari sabtu atas putih, bawah gelap (putra berdasi, putri berjilbab putih), memakai jas almamater. Yang terpenting, jangan lupa membawa jas almamater! Karena, selama kegiatan berlangsung kita dianjurkan terus mengenakan jas almamater dan ID card.
Mungkin temen-temen bertanya kegiatan apa aja sih saat P2KK? Nah, gini nih ceritanya.. sewaktu kalian berada di rusunawa yang pertama kalian lakukan adalah segera lihat papan pengumuman yang berada di sebelah tempat registrasi. Di sana cari nama/ NIM kemudian lihat kamar dan lantai berapa tempat kalian menginap. Saat registrasi atau chek in kalian diminta menyerahkan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). Selanjutnya kalian tanda tangan deh sesuai kolom nama. Yaudah selesai! ;)
Waktu itu aku kebagian kamar nomor 14 lantai 4. Paling atas bro! Cuaapek banget ngangkatin tas dari lantai 1 ke lantai 4. Bisa dibayangkan gimana keadaan kami yang kebagian lantai empat harus mengangkat kopernya yang pasti berat ataupun gak berat nantinya akan terasa berat juga dengan menaiki anak-anak tangga berserta ibu & bapak tangga :D
Gak ada Lift kelless.. jangan ngeluh!
          Udah naruh tas? Kalian keluar lagi ke aula (lapangan) bawah rusunawa guna mendapat pengarahan dari para trainer dan tim Co. Trainer. Plis deh.. jangan berpikiran yang macem-macem dulu. Pokoknya nikmatin aja keseruan-keseruan yang akan kamu dapetin pada saat P2KK. Aku bilang kayak gini, soalnya kurang lebih ada 3 anak yang nggak mengikuti P2KK karena mengira P2KK semacam ospek/ MOS yang notabene dibentak-bentak, dimarahi, diteriakin, diperintah, dan lain sebagainya. Hem.. aduh bok cape deh..
          Aku malah bersyukur banget diadakannya program P2KK ini. Aku juga berharap agar program P2KK terus diadakan tiap tahunnya bagi mahasiswa baru. Berhubung yang menjadi maba nggak hanya sekitar wilayah malang saja melainkan dari luar kota dan luar daerah maka perlu jadwal P2KK diadakan di awal waktu. Contohnya kayak aku gini, jadwal P2KK 11-16 Agustus 2014 sehingga sudah kuperkirakan kapan berangkat dari tempat asalku (Lombok) menuju  Malang. Tanggal 8 aku berangkat, tanggal 9 istirahat, tanggal 10 persiapan P2KK. Kalian masih bingung soal kost atau kontrakan? Nah, kalo yang ini aku punya saran agar kalian udah boking tempat kost semenjak daftar ulang. Jadi, bagi kalian yang berasal dari luar daerah tidak repot lagi mencari tepat kost saat perkuliahan sudah mulai aktif.
          Oh iya, tadi aku sempat bahas kalo jadwal P2KK sebaiknya di awal. Itu tuh karena kalian berpeluang dapet temen secepat mungkin dan sebanyak mungkin hanya dengan mengikuti P2KK selama enam hari. Aku juga merasa betah di Malang, karena semenjak P2KK aku serta teman-teman P2KK tetap saling menghubungi. Kalo udah punya banyak temen, kemana aja, ngapain aja, pasti seruu..!!! contohnya nih, waktu Aplikom (Pelatihan aplikasi komputer bagi para mahasiswa UMM guna melatih keterampilan dalam dunia berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan mendapat sertifikat yang nantinya menjadi persyaratan skripsi). Memang, jadwal aplikom yang kami dapat berbeda satu sama lainnya, akan tetapi kami (aku & temen2 P2KK) sering berkumpul di suatu tempat untuk membahas atau sekedar mendiskusikan soal-soal latihan Aplikom. Segala kegiatan yang kita lakukan bersama-sama tentunya akan terasa ringan dan mudah dibandingkan melakukannya sendiri. Eits.. tapi kerjasama dalam hal ini sebatas saling berbagi pengetahuan dan diskusi dalam mengerjakan tugas. Okkeh??
          Untungnya lagi, jadwal P2KK yang lebih awal membuat kita tidak repot mengatur jadwal yang tabrakan dengan jadwal kuliah. Ya.. ini nih persis dengan pengalaman temen-temenku yang kebagian jadwal P2KK-nya setelah PESMABA (saat kuliah perdana di mulai). Terlebih lagi kegiatan ini diberikan kepada seluruh mahasiswa baru selama satu minggu dengan sistem asrama guna mendapat materi dan bimbingan mental spiritual, kesiapan belajar di perguruan tinggi dan kematangan sosial yang jauh lebih baik.
a.    Dasar pemikiran
1)   Mahasiswa baru UMM memiliki latar belakang budaya, adat istiadat, agama dan strata sosial yang berbeda.
2)   Budaya belajar di perguruan tinggi berbeda dengan budaya belajar di jenjang pendidikan sebelumnya, dimana mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dan proaktif dalam menjalankan fungsi dan perannya.
3)   Universitas Muhammadiyah Malang meiliki tanggung jawab dalam membentuk karakter mahasiswa guna menghadapi tantangan kehidupan di masa datang.
b.    Tujuan Kegiatan
1)   Membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar ber-Islam yang baik.
2)   Meningkatkan keteramppilan sosial dan kematangan emosi mahasiswa.
3)   Memberikan pemahaman tentang budaya belajar di perguruan tinggi.
4)   Membentuk karakter pemimpin yang berwawasan Islam dan ke-Indonesiaan.
c.    Materi Kegiatan
Materi yang disampaikan antara lain: kepribadian (pengenalan diri dan manajemen diri), keterampilan sosial (empati, perilaku sosial dan komunikasi interpersonal), kepemimpinan dasar (manajemen konflik interpersonal dan pengambilan keputusan), Budaya perguruan tinggi (strategi belajar, keterampilan dasar menulis, pergaulan yang sehat serta bahaya free sex dan narkoba), Materi ibadah dan ke-Islaman (aqidah, syariah dan akhlaq).
d.    Peserta
Peserta adalah seluruh mahasiswa baru (MABA) UMM (Program Wajib).
e.    Pendekatan dan Metode
Pendekatan yang digunakan adalah experiental learning (pembelajaran dengan cara melakukan dan mengalami sendiri proses kegiatan sehingga memiliki pemahaman yang baik tentang materi).
Metode kegiatan antara ain:
1)   Game
2)   Role Play
3)   Diskusi
4)   Study Kasus
5)   Pemutara Film
6)   Stadium General
7)   Ceramah
8)   Praktek
9)   Outbond
Kegiatan tersebut dilaksanakan di dalam ruangan (indoor) maupun di luar (outdoor).

Berikut foto-fotoku bersama teman-teman P2KK 2014 angkatan 9 Al-Ghazali..











Selamat mengikuti P2KK! ^_^



Previous
Next Post »
2 Komentar