KESENIAN TRADISIONAL LOMBOK



Indonesia memiliki beragam budaya dan tradisi, tak terkecuali daerah yang satu ini yaitu LOMBOK! berikut secuil ulasan mengenai alat-alat musik daerah Lombok sebagai instrumen tradisi. 
1. Genggong
Alat musik ini termasuk dalam jenis alat musik tiup yang terbuat dari pelapah daun enau. Secara etimologis kata genggong berasal dari kata “geng” (suara tinggi) yang disebut genggong lanang dan “gong” (suara rendah) yang disebut wadon. Hal itulah yang menjadikan musik genggong selalu dimainkan secaara berpasangan. Musik genggong orkestra dapat dimainkan dengan alat musik lain secara bersamaan, seperti petuq, seruling, rincik, dan lain-lain.

2. Mandolin
Alat ini merupakan sebuah alat musik petik tradisional yang empunyai senar dan dimainkan seperti biola. Mandolin sering dipakai untuk mengiringitari rudat dan lagu-lagu tradisional. Alat musik ini dapat dipadukan dengan alat musik lainnya untuk mengiringi lagu tradisional. 

3. Gambus
Alat musik petik dengan menggunakan dawai sebagai sumber suara (bunyi) yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu tradisional. Dapat dimainkan secara bersama-sama atau sendiri.
4. Rabana
Sebuah bentuk alat musik akulturasi kebudayaan bangsa Arab dengan etnis Sasak. Rebana Burdah dipadukan dengan syair-syair pujian terhadap Allah SWT dan riwayat Nabi Muhammad SAW yang diambil dari kitab karya sastra Arab, Al-Barzanji.
5. Barong Tengkok
Peralatan ini merupakan salah satu jenis okestra Lombok, terdiri dari kerenceng enam pasang, satu buah gendang dan sebuah petuk. Barong lanang/ wadon yang berfungsi sebagai tempat reong sebuah gong. Termasuk pula tiga buah seruling sebagai pembawa melodi. Disebut barong tengkok karena salah satu alatnya (reong) diletakkan pada bentuk barong yang dibawa dengan tengkiokkan. 

*Semoga Bermanfaat! :)
Previous
Next Post »
4 Komentar
avatar

Maksiiih infox..

Balas
avatar

Iya. :') Terima kasih telah berkunjung di blog anisaningrum .

Balas
avatar

Lombok ternyata juga kaya dengan seni budayanya..terimakasih infonya..salam

Balas