Perbedaan Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Cerita



Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun karya sastra itu sendiri. Unsur ini secara langsung membangun cerita sehingga novel berwujud.
Unsur ekstrinsik merupakan unsur-unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung memengaruhi bangunan atau sistem organisme karya sastra. Unsur-unsur ekstrinsik terdiri atas keadaan subjektivitas individu pengarang yang memiliki sikap, keyakinan, dan pandangan hidup yang semua itu memengaruhi karya yang ditulis. Selain itu, unsur ekstrinsik berkaitan dengan psikologi pengarang dan keadaan di lingkungan pengarang baik segi ekonomi, politik, agama, budaya, maupun sosial. 


*Semoga bermanfaat :)

Previous
Next Post »
5 Komentar
avatar

Ada yg lain gk ka contoh unsur ekstrinsiknya ?

Balas
avatar

Unsur ekstrinsik dari sebuah cerita atau dari puisi? intinya, eks- artinya di luar/ keluar. cari nilai dari luar cerita sesudah kamu baca. misalkan seperti nilai moral, agama, dll.
Maaf ya baru dibales. sy baru buka @fawzi Shinusuke :)

Balas
avatar

Unsur intrinsik adalah unsur yang berada di lingkungan warung hahmud, sedangkan ekstrinsik kan diluar berarti unsur yang berada di luar warung mahmud atau keluar dari tim coret seperti ajo, tarik, dan umar

Balas
avatar

Persamaan antara intrinsik dan ekstrinsik apa ya

Balas
avatar

Nilai politik apa?

Balas