Jejrenggg...... Sekilas
mengenai jurusan saya yaitu Ilmu Komunikasi!
Saat ini aku telah menjadi anggota di keluarga besar IKOM UMM atau yang
terkenal dengan sebutan Kampus Putih Muhammadiyah Malang. Pada tahun 2013 Prodi
Ilmu Komunikasi berhasil mempertahankan akreditasi A berdasar Surat dari Badan
Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013.
Sehingga pencapaian ini turut melengkapi capaian akreditasi institusi yang juga
bernilai A. Selain itu, Prodi ini juga mendapatkan predikat Prodi terbaik
tingkat universitas.Prodi Ilmu Komunikasi UMM menjadi salah satu Prodi di lingkungan UMM yang diandalkan. Hal ini terlihat dari antusias maba (mahasiswa baru) yang terus meningkat setiap tahun. Tidak itu saja, materi kurikulum yang terus disesuaikan dengan perkembangan zaman, tetapi juga mempunyai ciri khas yang tidak dipunyai Prodi Ilmu Komunikasi di Indonesia. Dalam aktualisasinya Prodi ini mengusung gerakan Literasi Media (Media Literacy). Setiap proses belajar mengajar dan kegiatan akademis berada dalam payung Literasi Media itu.
keunggulan yang turut menjadi bahan pertimbangan memilih prodi ilmu komunikasi ini ialah prospek kerja ke depannya. Mau tau apa aja yang akan kamu pelajari di IKOM nanti??? Oke oke.. simak nih ulasan berikut ini.
Umumnya di dalam
jurusan Ilmu Komunikasi atau sebutan kerennya (IKOM) ada 4 jurusan yang paling
dasar:
1.
Public Relation
Di sini kalian akan
mempelajari tentag hubungan suatu perusahaan dengan masyarakat. Bagaimana cara
kalian berusaha menciptakan good image perusahaan/ selebritis atau bahkan
presiden. Contoh nih, seperti kejadian Bill Clinton yang selingkuh, Public
Relationnya pinter and cerdas banget menyusun kata-kata sehingga banyak orang
memaklumi and justru mendukung Bill Clinton. Nah, pada masyarakat luas, kalian
juga punya tanggung jawab buat menyelesaikan masalah yang sudah merusak nama
baik perusahaan/ orang tersebut. Jadi, pada dasarnya Public Relation mesti
cakap dalam melakukan strateginya.
Mengenai prospek kerja,
kalian nanti bisa jadi public relation, event organiser, management artis,
public speaker, dll.
2.
Advertising
Namanya aja
advertising, jadi di sini kalian akan belajar semua yang menyangkut periklanan
mulai dari iklan, media iklan, sampai pekerjaan di periklanan. Bagi temen-temen
yang merasa nggak terlalu bisa gambar, santai ajalah.. karena jurusan ini lebih
mengutamakan kreativitas dari masing-masing orang. Toh, dalam perkembangannya
kini orang cenderung bersifat praktis alias menggunakan kecanggihan teknologi
komputer atau laptop. So.. gak pakai manual lagi sob! Hehe..
Prospek kerjanya: semua
yang ada di advertising agency (bagian media, bagian creative, dll)
3.
Marketing
Nah..jurusan ini cocok
buat kalian yang cenderung aktif, dalam arti gak bisa diem. Hehe.. karena di
jurusan marketing kita belajar tentang pemasaran yang lebih ke komunikasinya
dengan publik.
Prospek kerjanya :Marketing,
Public Speaker, Sales, dll.
4.
Mass Communication Di sini kalian akan belajar tentang
broadcasting, mulai dari bikin script buat radio atau berita, terus cara bikin
film, cara editing, cara jadi presenter, sutradara, kameramen, dll. Pokoknya semua
yang berbau broadcast deh..
Prospek kerjanya
banyakk.. hampir semua bidang komunikasi bisa jadi pekerjaan yang lulus dari
jurusan Mass Communication, soalnya di Mass Communication pelajarin public
relation, advertising and marketing juga..
Nah... Di tingkat
mahasiswa UMM, Prodi ini memiliki kelompok peminat kajian. Misalnya ada PR Club
dan Eskalator (peminat kajian Public Relations), Journalistic Club (peminat
kajian jurnalistik), AV Club (peminat kajian Audio Visual), Kociris (peminat
kajian Riset Komunikasi), disamping ada Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM)
dan Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc).
Selamat bergabung dengan Prodi Ilmu Komunikasi UMM. ^_^
Referensi lebih lanjut klik aja di sini
0 Komentar